January 19, 2010

"Bercocok Tanam" Kebaikan


"Saat kita menanam Padi, kita akan mendapati rumput ikut tumbuh dan berkembang, tapi jika kita menanam rumput jangan berharap kita akan mendapati padi"

Ya, saya mendapatkan tausiyah ini dari atasan saya di kantor, katanya, "jika kita menginginkan dunia, hendaklah kita berbuat untuk akhirat kita. Karena kalau kita beramal untuk Akhirat, dunia akan mengikuti kita, tapi tidak sebaliknya".

Kata-katanya kemarin mengingatkanku pada seorang sahabat di kampung, dia juga pernah berujar padaku terkait hal yang hampir sama. "Pak Kyai itu, mencangkul di akhirat dan memanennya di dunia" ujarnya kala itu. Kata-kata itu diucapkannya menanggapi kenyataan di kampung bahwa jarang sekali ada kyai yang mempunyai pekerjaan sehari-hari selayaknya orang-orang yang lain. Mereka rata-rata tidak bekerja tapi rizkinya selalu mengalir.

Saya, ketika itu tak habis pikir, dari mana mereka mendapatkan uang. mungkin pertanyaan itu terjawab sudah dengan pernyataan di atas. "Barangsiapa mengejar akhirat, maka dunia akan mengikutinya, tapi barangsiapa mengejar dunia, maka akhirat akan lari darinya"

Allohu a'lam