July 3, 2008

Harga Sebuah Do’a Seorang Sahabat...


Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw, beliau bersabda:
Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat.
Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat.
Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya.

[ HR. Muslim ]

Mari kita perhatikan betapa indah nasihat Rasulullah saw di atas. Dan setelah kita bersungguh-sungguh menolong agama Allah maka yang selanjutnya, marilah kita bersungguh-sungguh menolong saudara kita dan memudahkan urusannya. Marilah kita menjadi manusia yang senantiasa memudahkan urusan orang lain, bukan sebaliknya, senantiasa memanfaatkan kesulitan orang lain untuk mendapatkan keuntungan dunia sesaat.

Menolong/ membantu seseorang tidak melulu dengan cara memberikan harta, uang dan sejenisnya kepada saudara kita. Bahkan ketika kita mendo’akannya, sesungguhnya hal itu bisa lebih berharga daripada bantuan berupa materi atau sejenisnya. Karena, barangkali dengan kita memberikan bantuan berupa materi kepada saudara kita, di dalamnya dibumbui niat yang kurang sesuai, na’u dzubillah min dzalik. Mudah2an kita dijauhkan dari niat semacam itu...

Dari Abu Darda’, berkata: Rasulullah saw bersabda: Doa seorang muslim untuk saudaranya diluar pengetahuan yang dido’akan itu do’a yang mustajab. Di atas kepala orang yang berdo’a itu ada malaikat yang ditugaskan supaya setiap kali ia berdo’a baik untuk saudaranya itu supaya disambut: “Amin, wa laka bimitslin” (Amin dan atasmu juga yang seperti itu).
[ HR. Muslim ]

Merupakan suatu ibadah yang sangat murah, mudah dan terlalu berharga untuk diabaikan seorang muslim. Siapa sangka hanya dengan berdo’a untuk saudaranya, ia akan dido’akan oleh malaikat. Sungguh amat besar kasih sayang Allah tehadap hamba-Nya. Saudaramu dido’akan oleh dirimu, makhluk yang mempunyai dosa dan engkau dido’akan oleh malaikat yang suci dari dosa. Sangat mudah dan indah bukan?? Namun pahalanya tiada tara bukan???