July 24, 2008

Terkadang kita butuh kesendirian, sahabatku. Saat dimana kita butuh ketenangan, untuk menata hati kita, menyesali kesalahan-kesalahan kita, meluruskan kembali niat kita, memperkokoh ruh kita, memohon pada-Nya agar diberi petunjuk ke jalan yang lurus. Namun ada kalanya pula kita butuh teman untuk berbagi. Teman yang tulus untuk senantiasa mengingatkan dan menguatkan kita.


Ketika kita sedang dirundung masalah, sekiranya kita tidak perlu terlalu bersedih meratpi masalah tersebut. Sahabat, Setiap langkah kehidupan, kita akan senantiasa dicoba, semakin kita berilmu, semakin banyak pula cobaan yang kita hadapi. Ingat pepatah yang mengatakan "semakin tinggi suatu pohon, semakin kencang angin bertiup" kan?? Jangan dikira para ustadz, ustadzah, kiyai, ulama atau siapa saja yang mendalam ilmunya itu hidup tanpa cobaan yang berarti, justru cobaan atas diri merekalah lebih berat. Apalagi para Nabi dan Rasul-Nya Muhammad Saw. Karena itu, berbagilah, jika hal itu membuat bebanmu sedikit berkurang.

"Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran." (QS. Al 'Ashr :1-3)